Pages

Friday 16 December 2011

Pak Pelukis Bunga : "Cara Terbaik Mengungkapkan Rasa Adalah Bicara" (sebuah pelajaran berharga)



Hari ini gua yang gak terbiasa bangun pagipun bangun pagi karena ada janji pagi2 sekali ( bagi gua pagi-pagi sekali itu jam 9:00 WIB :D hehehe!) sama pak pelukis bunga, nama aslinya sebenarnya Ahmad, tapi karena profesi dia yang spesialis pelukis bunga, biar gampang and nempel di otak, gua manggil dia Pak Pelukis Bunga. Dia setuju2 aja, bagi gua and dia nama itu gak gitu penting. Cz, hidup itu semudah menghirup dan menghembuskan nafas mamen :D.
Yap, gua mau belajar ngelukis dari dia. Tentunya gratis. Muka gua kan muka gratisan :D.
Gua mau belajar ngelukis karena gua mau bikin somethings buat nyokap, yap, buat memperingati hari ibu.
Bikin surat+puisi bukti kasih sayang gua, sepertinya gak akan jadi kejutan. Cz, udah terlalu sering, kata Syahrini mah “Nggak sesuatu!” so, gua cari cara lain buat bikin dia nangis terharu biru.
Jujur, gua sebenernya gak terlalu deket nyokap. Yap, meskipun nyokap selalu tau apa yang gua mau dan gua ingin, dan rela ngelaluin and ngorbnin apapun demi gua. Gak cuma gua siy, dia dikenal sebangai wonder woman, dia akan selalu berusaha menolong siapapun yang membutuhkan pertolongan dia. Ini serius. Orang-orang, sodara-sodara dan tetangga-tetangga juga mengakui itu, meski dia terkesan sedikit panikan ( sama kayak gua).
Yap, waktu gua SD kelas 3-4  nyokap tinggal di Jakarta bareng adek gua. Saat it6u kondisi keluarga gua memang lagi genting. Sebelum berangkat nyokap sama bokap emang rebut gede banget. Yap, gua emang produk dari orang tua gagal, gua sempet jadi anak punk rock, gua sempet ngalamin kehilangan jati diri, gua sempet ngerasa di hidup gua hanya ada satu warna yaitu hitam. Sementara nyokap and adek gua di Jakarta, bokap tinggal sama orang tuanya ( kakek+nenek gua) dan gua lebih memilih tinggal sama kakek nenek gua ( nyokap bokapnya nyokap). But, pertengahan kelas 4 nyokap baikan sama bokap, nyokap kembali jadi ibu rumah tangga, dan kita kembali ke rumah kita, dan sejak saat itu sedikit demi sedikit keluarga kita membaik, keputusan buat mengakhiri pernikahan, dipatahkan dengan kembalinya kita jadi keluarga yang utuh. Tapi tetap saja, adu mulut, dll selalu sering terjadi. Tapi ya namanya orang berumah tangga pasti ada aja halangannya.
Dan pertengahan kelas 5 kakek (ayah nyokap) meninggal dunia. Gua sebagai cucu paling besar berkewajiban nungguin nenek, karena ke 6 anaknya sudah menikah dan punya rumah sendiri-sendiri (dulu : 3 tinggal di kuningan, 3 di Jakarta. Sekarang:  1 yang sekaligus anak 1 meninggal, 4 di kuningan, dan sibungsu masih di kota natah berantah itu).
Dan berpisahlah gua sama nyokap, intensitas ketemu gua dan nyokap kecil banget, ya, gua selalu menyibukan diri dengan sekolah dan kerjaan, gua juga jarang minta uang jajan sama orang tua. Sekalinya ketemu dan mengobrol, kita seperti orang asing yang jarang banget sepemahaman. Yap, kita beda, namun di lubuk hati yang paling dalam, gua sayang kok sama dia, namun gua terlalu gengsi aja ngomongnya :P lu tau, kalo ngedenger nyokap sakit, gua yang juga anak pertama dari 2 bersodara ( adek gua cowok) adalah orang yang paling panic, paling takut dan paling sedih, Cuma gua selalu berusaha cool and pura-pura cuek. Padahalmah…. Ahhh, tak bisa diungkapkan.
Okay, kembali ke cerita hari ini. Gua kira beneran mau diajarin ngelukis. Tumben pak pelukis bunga baik. Yap, meski dia ngajarin gua bayak hal, tapi dia gak pernah kasih gua gratisan, kata dia, ngasih sesuatu yang gratis sama gua Cuma bikin gua malas aja. Hmmmmm…. Dia satu-satunya orang yang tau segimana tingkat kemalasan gua.
Gua berfikir, akh, mungkin karena ini menyangkut ibu, setau gua apapun yang menyangkut ibu pasti kesannya jadi melankolis, yap, sejahat dan sekejam apapun manusia, pasti ada sisi dia yang sayang ibunya.
Sebelum ngelukis, gua disuruh lari ngitarin kompleks galerinya, yag gua rasa kalo di itung, satu kali putaran itu, segede GBK. Kebanyangkan? Dengan peluh yang bercampur asa, dongkol ( cz ngerasa dikerjain) gua duduk d totoar jalan , gua hampir mau pingsan, gak bisa ngomong, pokoknya lelah selelah-lelahnya, bahkan gua gak sadar, gua duduk di sebelah delman yang lagi nyari penumpang ( padahal biasanya gua takut ).
Gua minta minuman ber ion ato beroksigen dia gak kasih, dia Cuma kasih gua segelas ah setengah gelas malah air putih yang ternyata di bawahnya ada pasirnya. Ini orang makin bikin gua dongkol, mau marah gua gak sanggup. Antara enggan and haus, juga perasaan yang sedikit jhijik, guapun m3eminum air itu. Ini pertama kalinya seumur hidup gua, gua mau minum air kotor kayak gitu. Sumpah, rasanya tak tergambarkan, sampe nangis gua (hehehe, gua emang cengeng sekarang2).
Setelah gua bisa medngatur nafas and punya kekuatan lagi, gua pun berusaha bangkit, tujuan utama gua, beli minum, ya, pak pelukis bunga t5erlalu pelit kasih gua minum, tapi pak pelukis bunga ngelarang gua, dan sekeenakya neguk minuman sari jeruk didepan mata kepala gua….
Sssseeettttttt*nnnnnnnn bisik gua dalem ati.
Sumpah, gua sampe nelen ludah sendiri saking haus dan tergodanya. 
Setelah satu botol itu habis dia teguk tanpa basa-basi nawarin gua, dia duduk di sebelah gua, dia berujar :
“Begitulah rasanya jadi ibumu, dia bekerja, berlari, merawatmu, tanpa lelah! Tapi bahkan kadan kamu mengacuhkanny begitu saja!”
Ya Tuhaannn, dari sana gua bergetar ( antara haus dan terharu :D) lagi, gua nangis.
Pak pelukis bunga berujar lagi:
“tak nperlu memberikan lukisan untuk membuat dia terharu, minta maaflah secara tulus!”
Sumpah, pak pelukis bunga itu bener2 selalu membuat gua jatuh tak berdaya, dia selalu membuat gua bertekuk lutut, dan sedih sesedih2nya.
Dia bener2 guru. Dia selalu tau apa yang ada didalam hati gua. Bahwa cara yang paling baik untuk membuat orang yang disekeliling kita terharu adalah bicara dan menerima sepenuh hati.
Ahhh, terima kasih pak pelukis bunga, mengenalmu adala ilmu luar biasa bagiku.

No comments:

Post a Comment