Pages

Monday 12 March 2012

Gua dan Ekstasi



Raka Widyarma seseorang yang baru-baru ini sangat hangat dibicarakan, bukan karena wajah dia yang cute yang keliatan banget bukan produk keluarga biasa ( anak metropolis gitu), bukan pula karena dia anak angkat Rano Karno sang Artis legendaries dan wakil bupati Tanggerang. Ia hangat dibicarakan karena beberapa waktu lalu ia tertangkap sedang membeli ekstasi. Yang salut disini, bokapnya gak nyalahin dia dan bilang :
“kamu anak saya dan kamu akan jadi tanggung jawab saya. Kalaupun ada yang harus disalahkan itu saya, yang gagal jadi ayah yang baik!” --- sumpeh dah gua terharu banget.
Yang gua ingin bicarain disini sebenernya bukan si Raka, tapi gua sendiri, pengalaman gua yap, gua juga punya pengalaman sama yang namanya ekstasi.
Dulu, gua lupa umur gua berapa, hmm, kira-kira gua kelas 1 ato 2 SMP lah. Saat itu gua lagi mengalami fase serba gamang, galau dan depresi. Sedang kondisi keluarga gua, ahhh, jangan ditanya deh, setiap hari kerjanya banting gelas dan menagis (bisa terbayangkan kan?)
Tapi, kondisi keluarga yang ancur gak pernah gua bawa ke lingkungan sekolah ato keluarga, gua dengan pinter memerankan acting sebagai seorang anak yang seolah dari keluarga bahagia. bokap gua juga sering berkunjung ke sekolah dan memanjakan gua seolah benar-benar kita keluarga bahagia. waktu itu gua tinggal bareng nenek gua, cz, dari kelas 4 SD gua emang lebih nyaman tinggal baren nenek kakek gua. tapi gua selalu tau keadaan rumah tangga bokap nyokap dari nyokap + adek gua.
Saat itu gua bener-bener frustasi, gua merasa hidup gua bener-bener gak bahagia, jangankan nanyain aktifitas gua, liat gua masih idup ato kagak juga mereka ( ortu gua ) gak pernah. Tapi tetap saat gua berhadapan dengan dunia luar ato dunia diluar keluarga kecil gua, gua selalu jadi sosok super ceria. Gua gak mau terlihat tertekan apalagi dikasihani.
Waktu demi waktu terus berlalu, kondisi keluarga gua gak kunjung membaik, sampe akhirnya, keluarga nyokap guapun tau kebobrokan rumah tangga bokap nyokap gua dan bak bom yang meledak, semuanya makin berntakan, makin ancur, saling menyalahkan. Kalopun nyokap ato bokap gua yang salah gua tetep aja gak bisa terima kalo mereka disalahkan atau sampai bercerai, gua lebih suka keluarga bobrok gua daripada mereka harus berpisah satu sama lain. Karena menurut gua rumah tangga itu bukan hanya soal cinta, tapi juga soal mempertahankan.
Saat itu gua gua bener-bener butuh teman buat ngomong, tapi gua gak mungkin ngomong ke temen-temen gua, gua lebih nyaman ada di zona anak dari keluarga bahagia. gua juga gak mungkin ngobrol ke keluarga gua, saat itu suasananya sedang panas, gua gak mau memperkeruh keadaan. Hingga akhirnya, suatu hari tanpa sengaja ada seorang teman yang berkunjung ke rumah gua, namanya Dimas, dia salah satu sahabat pena gua waktu kecil, yap waktu kecil gua suka banget bersahabat pena lewat majalah “BOBO”.
Itu pertemuan pertama kami, setelah sekitar 3 tahunan saling berkirim surat dan dia berasal dari bandung.
Saat dia datang, dia mendengar nyokap yang lagi curhat sama nenek gua ( kakek gua gudah meninggal). Sambil menagis tersedu. Karena gua gak enak, gua ngajak dia ngobrol ditempat lain, di empang, saat gua lagi sedih, gua selalu lari ke empang yang ada baknya dan menangis disana. Empangnya punya orang, bukan empang gua.
Gua berusaha mengalihkan pembicaraan, gua berusa membuat dia melupakan apa yang dia dengar. Tapi tanpa dua duga, ternyata dia sama kayak gua, lahir dari keluarga gak bahagia, ayahnya pemilik salah satu orang ternama di Bandung, gua gak mau sebutin, karena jaga privacy Dimas dan keluarganya. Ayahnya selalu sibuk dengan wanita2 sekretarisnya. Hingga ibunya meninggal bahkan ayahnyapun tak datang.
Whhoooaaa…. Gua ngerasa punya temen yang pas, guapun menump0ahkan segala-galanya sama dia.
Suatu hari entah pertemuan ke berapa, guapun diperkenalkan dengan Agil dan Digo, yang lagi-lagi senasib dengan gua dan Dimas.
Digo lahir dari rahim seorang ibu , pekerja seks komersial. Dan keluarga Agil tak bahagia karena Ayah dan Ibunya yang senang berhutang kesana kemari, menipu sana sini, sampai ia dan adiknya harus rela pindah sana-sini untuk ikut melarikan diri, adiknya meninggal karena tertabrak mobil saat akan ikut Agil melarikan diri karena tak sanggup terus-terusan ikut ibu dan ayahnya yang gila.
Nyawa adiknya tak bisa diselamatkan dan sampai hari ini, semenjak ia kabur ia tak pernah tau lagi keberadaan ibunya. Ia bekerja keras, membanting tulang untuk hidupnya sendiri.
Sumpah berkenalan dengan mereka membuat gua hidup, kita menamakan diri kita “The Blackers” karena hidup kita terkesan kelam dan hitam. Tapi tidak jika kita bersama, kita saling mengisi, saling berbagi. Gua nemuin keluarga baru yang bikin gua bisa jadi diri gua sendiri.
Waktu berselang beberapa bulan. Gua diajak pergi senang-senang sama mereka. Otomatis gua nolak lah, nenek gua over protktif, jangankan buat keluar malem, pulang sekolah jam 5 aja udah dimarahin habis2an.
Tapi karena rasa gak enak gua sama mereka yang terlalu besar, guapun bohong minta ijin sama keluarga gua nginep dengan alas an tugas dari sekolah. Padahal disana adeknya kekek gua adalah ketua dewan sekolah, terus menantunya adalah wakil kepala sekolah. Kalo aja keluarhga gua telp mereka. Hancur sudah diri gua.
Tapi syukurnya, nenek gua langsung gitu aja ngijinin, karena gua liatin surat yang gua bikin sendiri tapi ada cap OSISnya ( temen sebangku gua, sekretaris OSIS).
Dan pergilah gua, Dimas and digo (Agil nunggu ditempat janjian di Bandung)  ke Bandung, gua yakin mereka anak baik-baik dan gak akan nyakitin gua, mereka kakak2 gua dan pasti mereka pulangin gua dengan selamat.
Perjalanan kita sebelumnya biasa, mereka ngajak gua ke tangkuban perahu, museum geologi, Observatorium Bosscha sampe ke kawah putih.
 Tapi menjelang malam, gua sebenernya udah nyium bau-bau gak enak, udah agak-agak ketakutan, sedikit aneh campur lelah karena seharian jalan-jalan. Tapi semua rasa itu gua tepis. Hingga akhirnya gua dan mereka tiba disatu tempat, diskotik. Whhhaaaattttt? Sumpah syok bener-bener gua, secara, gua masih smp dan kita tau sendiri kan bahwa pelajar/ dibawah umur tidak diperbolehkan masuk ke tempat seperti itu. Tapi dengan satu senyum Dimas, semuanya berhasil dilewati. Sumpah gua terukau dengan isinya, ini pertama kali bagi gua, banyak kakak-kakak ganteng. Dan gua bener-bener seneng aja gitu bawaannya. Padahal gua biasanya gak terlalu seneng berhadepan sama banyak orang apalagi dengan suasana ingar bingar.
Yang bikin gua kaget, si Dimas nawarin gua sesuatu. Karena dulu gua gabung sama GRANAT ( Gerakan Anti Narkoba) jadi gua tau apa itu. Ekstasi, damn… mamah gimana ini? Dimas tawarin gua, gua jelas nggak mau, karena gua tau imbasnya sama masa depan gua, dia tawarin gua alcohol and rokok, entah gua yang ndeso ato tau mana yang baik and bener, gua juga nolak.  Alcohol + rokok, bikin dada dan kepala gua sakit.
Waktu ketiga temen gua pake tu obat haram, gua malah asik liatin kakak-kakak naka kuliahan yang ganteng. Jangankan disapa, liatin doang rasanya udah seneng banget maklum ababil.
Oh iya, pas tadi muter-muter, gua sama temen2 gua dianter sama supirnya Dimas, yang notabenenya udah tau kelakuan dia. Karena bosen, guapun lebih milih sama dia, ketawa-ketawa gara-gara lagu Doel Sumbang (awal mula gua suka Doel Sumbang).
Besoknya, dirumah Dimas, mereka pake lagi (ekstasi). Gua yang tadinya imannya kuatpun akhirnya ikutan nyoba, sebelah. Dan lu tau rasanya… tiang-tiang gede dirumah Dimas kayak apa coba? Kayak kain kafan. Yang berkobar-kobar. Bukannya malah ngefly, gua malah ketakutan bukan maen, seolah semuanya mengambang, serasa mau mati. Anjriiittttt nih. Dan dari sana gua sampe kapanpun gak mau nyoba lagi, maybe itu semacam, teguran. Bersyukur banget mengalami kejadian itu karena gua gak kecanduan.
Meskipun gua nolak buat pake lagi, tapi mereka tetep sahabat gua, gua tetep menghargai mereka, malah mereka minta maaf karena gak bisa jaga gua dengan baik, perlahan gua nyuruh mereka berhenti. Tapi pergaulan di kuningan sama di Bandung beda, mereka gak bisa dan gua coba ngertiin mereka tapi masih tetep nyoba bikin mereka sadar dengan cara gua tentunya. Sampai akhirnya 2009 Dimas meninggal karena OD, kita sangat terpukul. Dan setelah itu, gua gak pernah ketemu lagi, baik Agil and Digo.
Sungguh gua rindu, kalian, berharap kalian sehat dan menjalani hidup kalian dengan normal tanpa barang haram itu, karena dulu mereka bilang, mereka gak akan nemuin gua sampe mereka bebas narkoba. Dan gua sanggupin itu, sumpah gua nyesel,  seharusnya gua nemenin mereka. Dimanapun kalian berada baik Digo ato Agil… please call me! I miss u so much my beloved friend! :D

No comments:

Post a Comment