Pages

Friday 2 March 2012

About "Shio Naga Air"


Shio…
Hmmm, tahun 2012 ini adalah tahun naga air. Dimana menurut ramalan kalender China Shio Naga itu merupakan Shio terbesar dan terkuat diantara Shio-Shio lainnya, tapi bukan berarti Shio lain harus menciut karena adanya Shio naga. Karena baik Shio Naga ataupun Shio lainnya selalu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Betul tidak? ( ala Aa Gym), betul aja deh biar cepet ( hekhekhek!).
Sebenernya, gua pengen nulis init uh sejak lama, sejak masih dalam kandungan ( hehehe, bohong deng, sejak imlek kemaren). Namun berhubung virus malas mendera relung bathin dan jiwa, raga gua, ya jadinya baru sempet sekarang ( lebih baik sekarang kan, daripada nggak sama sekali :D ).
Shio Naga merupakan Shio untuk mereka yang lahir pada tahun 1916, 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000. 2012 ( Shio kan ada 12, (yakni Tikus-Harimau-Naga-Kuda-Monyet-Anjing-Kerbau-Ular-Kambing-Ayam-Kelinci dan Babi). So, Shio yang sama datangnya 12 tahun sekali ).
Shio terbagi lagi menjadi 5 unsur, yaitu: logam, kayu, air, api dan tanah. Pertemuan pada shio dan unsur yang sama bisa terjadi 60 tahun sekali.
Shio Naga dengan unsur/elemen Air ( Imlek ke 2563 ) ini dimulai pada tanggal 23 januari 2012 sampai 9 Februari 2013. Tiap pergantian shio atau lebih familiar disebut tahun pergantian Imlek ( Cia Gwee Che It ) dihitung berdasarkan peredaran bulan dan dikombinasikan dengan peredaran matahari juga pergantian musim dingin ke musim semi ( banyak belajar tentang ini dari serial Drama Korea “Queen Seon-deok” waktu ngebahas tuntas dari “Bunga Floem Sadaham” sampe ke si “Mishil dianggap titisan dewa karena mampu menterjemahkan apa yang terjadi” )
Oh iyap, di Aussie… Komodo dipake buat symbol tahun naga ini loh, karena menurut pemerintah sana, Komodo dan Naga memiliki banyak kesamaan, aaaahhhh bangga… ( #pelukKOMODO *LOH! ).
Pada tahun ini kalo lu mau beruntung, lu harus bergulat dengan tahun ini, karena kalo nggak, lu akan habis dimakan jaman dan tersia-sia begitu saja. Jadi seonggok daging yang punya nama tapi gak berguna, akibat daya saing SDM yang semakin hari semakin ketat ( awww, gua pinter yaaaahhh! #ditoyorALBERTEINSTEIN).
Naga itu selain dapat membakar juga dapat menghanguskan, so jangan bamain-main sama si Naga ini. Naga jadi symbol kewaspadaan, melihat kondisi dunia terutama Indonesia memang sangat betul, semuanya terlihat carut marut dan kita di tuntut untuk serba waspada menghadapi semuanya. tidak hanya dalam menghadapi hiruk pikuk dan kengehean hidup, tapi juga kita harus waspada pada alam. Bagaimana tidak, alam semesta tuh lagi ababil-ababilnya, sama kayak hati gua ( #eeeaaaaa ), bentar panas, bentar ujan, bentar mendung, bentar lagi angin kenceng, eh bentanya tiba-tiba ujan lagi.
Naga dikategorikan sebagai hewan dengan drajat tertinggi, ya, raja dari semua hewan di alam semesta ( Singa raja hutan, tapi kedudukan raja Hewan tetep dipegang Naga ). Sejak dahulu, sejak jamannya nenek moyang kita, bahkan sejak jamannya nenek moyangnya nenek moyang kita ( bingungnya? Sama, gua juga :P intinya sejak beribu bahkan berjuta-tahun yang lalu, yang entah saat itu kita berada dimana), dimitoskan bahwa Naga adalah mahluk yang sacral ( pasti gak asing, banyak film-film yang nyeritain itu ) dalam agama Khonghucu.
Karena itu naga dipasang pada setiap Vihara, terutama pada tiang tempat sembahyang Dewa Langit. Naga itu symbol kekuatan dan kebijaksanaan.
Di tahun naga ini, sepertinya sudah saatnya kita menjernihkan dan mendinginkan masalah yang terjadi. Shio naga air selain berwibawa, ternyata juga memiliki karakter yang angkuh. Kalau kita berhasil menjinakannya, tentu saja semua keberuntungan berpihak pada kita dan jika kita tidak bisa menjinakannya, ahhh, kalian terka saja sendiri apa yang terjadi.
Oh iya, jaman dulu, raja-raja di Tiongkok kebanyakan memakai symbol Naga pada lambang juga baju kebesarannya ( Jadi inget Huan Zhu Ge Ge, ituloh Drama China yang sempat menyita perhatian khalayak ramai, tayang di Indosiar, waktu gua masih kecil, disana banyak banget kan symbol Naga).
Oh ia orang yang percaya sama Shio dan semacamnya banyak loh yang ingin melahirkan anaknya di tahun Naga, tanya kenapa? karena menurut kepercayaan jika ada bayi lahir tahun Naga, rejekinya akan bagus.
Hmmm, kadang memang Shio dan semacamnya jadi sugesti atau semangat hidup paling kuat bagi warga Tionghoa khususnya dan umumnya bagi masyarakat yang percaya.
Selain berwibawa dan penuh tekad, si Naga juga punya semacam karisma alamiah. Ia akan mengatur tahun 2012 ini dengan caranya yang unik dalam memberikan kesejahteraan dan keberuntungan pada umat manusia.
Meskipun semuanya terlihat serba susah, serba carut marut dan serba berantakan, tapi menurut gua tahun ini tahun yang berjalan kea rah yang lebih baik. Bagaimana tidak, Indonesia semakin dilirik dunia, meskipun krisis global melanda dunia, Indonesia masih jadi Negara yang mampu mengendalikannya. Cuma kita harus waspada, takut kalo-kalo pihak asing yang memanfaatkan kesempatan ini. Satu-satunya kunci kita mesti bangkit meningkatkan sumber daya manusia. Bagaimana caranya? Guapun gak tau pasti, tapi menurut gua pribadi kaidah-kaidah untuk menjadikan Indonesia itu sebagai Negara super power dunia, ada di dalam “Pancasila” entah kenapa, bagi gua, Pancasila punya magis sendiri untuk meninggikan harkat dan martabat bangsa ( sumpah, nulis ini sambil menggebu-gebu, kayak orator ulung).
Orang-orang yang gak punya pendirian teguh akan terombang-ambing tahun ini.
Karena ini tahun naga air, banyak hal yang berhubungan dengan air akan terjadi, buat pebisnis yang berhubungan dengan air mungkin akan beruntung tahun ini, tapi jangan senang dulu, musibah yang berhubungan dengan air akan lebih banyak disbanding tahun kemarin. Apalagi menurut BMKG curah hujan awal bulan ini sangat tinggi.
Tidak jarang loh para petani dan nelayan memakai kalender China karena Imlek ternyata selalu jatuh pada musim tanap atau ketika curah hujan tinggi dan tanah siap digarap dan dimanfaatkan.
Yang perlu di ingat tahun ini adalah kita mesti lebih pasrah, apalagi ketika tragedi alam yang terjadi. Kita tidak bisa melawan alam dan kita mesti lebih peka, entah itu pada lingkungan atau sekitar, agar dapat tercipta keselarasan juga keserasian.
Tahun ini orang-orang juga harus lebih berhati-hati karena banyak letupan emosi. Sabar dan sadar adalah kunci utama menyelesaikannya, jangan mudah terpancing, cz, itu bikin kita mumet sendiri.
Tanggung jawab juga mesti lebih dipupuk. Meskipun banyak bencana, tapi banyak juga keberuntungan yang didapat.

`````````````****************`````````````


No comments:

Post a Comment