Pages

Tuesday 18 January 2011

LELAH DAN SENSASINYA YANG LUAR BIASA

Lelah… hmmm, sama halnya dengan cinta jika membahas hal yang satu ini, gak akan ada habisnya.

Jika semua manusia didunia ini ditanya, “ pernahkah kamu merasa lelah???”

Aku yakin jawabanya adalah “Ya…”

Karena Tuhan selalu menciptakan dua sisi pada diri manusia baik-buruk, sedih-bahagia tua-muda, sehat-sakit, bahkan SEMANGAT –LELAH.

Taukah kalian bahwa Tuhan menciptakan titik jenuh pada setiap diri manusia.

Yap, kamu, saya, dia, mereka, kita…

pasti pernah merasakan lelah, merasa gelisah, cemas, bosan , putus asa, hamper menyerah bahkan menyerah sepenuhnya.

Ya, karena ketika hatimu mulai mendengar, ketika matamu mulai befikir, ketika otakmu mulai merasa, ketika telingamu mulai melihat itulah saatnya kau akan mulai merasakan kecemasaan atau ketenangan, kebahagiaan atau kesedihan.

Oleh karena itu lihatlah kembali apa yang kau pikirkan, apa yang saat ini kau rasakan, dan apa yang saat ini hatimu inginkan.

Jangan…

Jangan pernah biarkan hatimu terbang kesana kemari mendramatisasi masalahmu yang sebenarnya sederhana.

Cobalah genggam pikiranmu kuat2.

Bangun dan mulailah melihat dirimu lebih dalam. Karena sesungguhnya kekuatan sejati itu tidak terdapat diluar diri kita melainkan dari penerimaan seutuh2nya kekurangna dan kelebihan diri kita oleh hati kita.

Benar memang hal itu sama sekali tidak mudah, ya, tidak mudah memang menerima diri kita seutuh2nya.

Menerima kenyataan bahwa kita jelek, tidak mampu dan tidak berdaya.

Tidak mudah memang terus2an menutup telinga ketika banyak ucapan pedas sana sini.

Tapi ingat,

“jangan sampai mereka,
Jatuhkan nyali kita,
Tunjjukan pada mereka
Siapa diri kita”
pemenang- Sheila on 7

Hmm, anggap saja ucapan pedas sana sini adalah pecutan bagi kita supaya kita makin maju. Jangan malah membuat kita drpop ato bahkan mundur dan merasa lelah dengan semua yang ada didunia ini.

Genggamlah pikiranmu kuat2. Untuk menyadari apa yang sedang engkau kerjakan agar lelahmu berlalu, agar kau bisa menikmati setiap hembusan nafasmu dan agar kau bisa merasakan apa yang kau kerjakan.

Karena selalu ada makna dari setiap pristiwa.

ketika kau lelah tapi tak tahu pa yang dilelahkan, ketika kau kehilangan arah dan tak tahu kemana lagi harus melangkah, ketika masalah muncul, ketika kesulitan menghadang, ketika air mata tak mampu lagi melampiaskan kesedihan, ketika disetiap langkahmu selalu diwarnai dengan hambatan, ketika orang yang kau percaya, tidak lai bisa dipercaya, ketika orang yang engkau harapkan pertolongannya tak lagi mampu kau andalkan, ketika orang yang kau hormati mengecewakanmu.

Jangan…

Jangan lari…

Jangan pergi dari lelah dan masalahmu….

Tapi carilah kemana perginya hatimu, agar kau tau kemana kau harus melangkah, tegaslah pada dirimu sendiri, tanyalah diri, kenalilah ia lebih dalam agar menjadi dan jelas apa yang harus engkau singkirkan dari kepribadianmu.

Duduk dan berfikirlah, masuklah pada pusat ketenangan bathinmu, dengarkan suara hatimu yang terdalam yang menyampaikan kebenaran.

Karena tukah engkau,
Jawaban atas masalah2 yang menderamu Tuhan telah tempatkan dihatimu.

“memintalah padaNya agar kau tak banyak meminta!” begitu kata damar huda.

Sederhanakanlah hidupmu, karena hidup itu sebenarnya mudah, kitanya aja yang serring mempersulitnya, cobalah menjalani hidup seperti kita menghembuskan nafas.

Bila kau ingin lelahmu berlalu, kobarkanlah semangatmu setiap hari, lalu lihatlah dunia selalu dengan sudut pandang yang baru, agar apa yang kau kerjakan selalu menarik dan lebih menggembirakan.

Tegaslah pada hatimu, jangan sampai lelah itu menggerogoti sabar dan sadarmu, lelah itu hanya sementara karena kau tak tahu arah dan tak tahu tujuan hidupmu yang sebenarnya, karena kau lupa, ya… lupa bahwa disetiap kelelahan tuhan selalu kasih 3 kemudahan…

Keluarlah dari belenggu2mu, nikmatilah kelelahanmu dalam sensasinya yang luar biasa.

cobalah untuk mengenal dan mengingat Tuhanmu setiap waktu, karena menjalani hidup, memaknai hidup, belajar dari hidup, mengejr impian, memperbaiki hidup tak lepas dari peranan kerja spiritual.

Jagalah baik2 hubunganmu dengan Tuhan, karena disana ada kekuatan yang akan mendatangkan hal2 baik yang tidak engkau duga sebelumnya, tidak hanya itu, ketika kau menjaga hubungan baik dengan Tuhanmu, kau juga akan merasakan ketenangan bathin, kedamaian jiwa dan ketentraman hati,
Tuhanpun sangat tahu apa yang engkau butuhkan saat ini, daripada kenginanmu sebenarnya, yang belum tentu engkau butuhkan.

Ketika semua orang pergi menjauh darimu, ketika kau merasakan lelah luar biasa dan taka da yang mau mengerti kegalauanmu, ketika taka da yang mau memahami apa inginmu, dan taka da yang benar2 peduli dan mau memahami dirimu seutuh2nya.

Tuhan selalu da dan selalu memahami kita meskipun kita sering lalai dan lepas dari tanggung jawab sebagai manusia, tapi kDia akan selalu ada untuk kita. Dia mengerti diri kita sepenuhnya dan seutuh2nya, ya, hanya Dia. Satu. Esa. Maha.

Lalu bagaimanakah caranya agar kita dekat dengan Tuhan? Jika kita bukan muslim sejati, jika kita adalah muslim yang masih sering lalai, jika kita masih selalu berbuat dosa dan terus saja berbuat dosa, apa Tuhan mau mengenal kita yang tak suci ini!

Jawabannya adalah:
“kuatkan keyakinanmu bahwa Dia selalu merasakan pa yang kau rasakan, Dia juga melihatmu,mendengar permintaanmu, rintihanmu, usaha dan pengorbananmu!”

Maka kau akan sadari duniamu akan indah senantiasa!!!

Terimakasih telah menyempatkan membaca note ini…

Semoga bermanfaat…




Salam manis penuh kehangatan,


…..JOEY ANDREA…..