Pages

Wednesday 20 July 2011

Terima Kasih Coach Alfred Rield "Pembawa Warna Baru Dalam Persepakbolaan Indonesia"



Bergetar hati saya ketika membaca artikel terbaru dari om Bambang Pamungkas yang berjudul :

"Warna Bendera Dan Lambang Garuda Itu Tidak Akan Pernah Berubah Sampai Kapanpun".

Tidak, tidak hanya bergetar, saya bahkan menitikan air mata ketika membaca kata2 Coach Alferd yang dia sampaikan kepada Om Bepe melalui telepon seluler, lebih kurang isinya begini :

“Karena pelatih, staff pelatih dan pengurus PSSI dapat berganti kapan saja, akan terapi warna jersey dan emblem tim nasional tidak akan pernah berubah. Dan kalian semua harus tetap berjuang dengan gigih untuk Merah-Putih, Lambang Garuda dan juga seluruh rakyat Indonesia yg selama ini mendukung kalian".

Sebagai remaja yang awam yang hanya tau “SAYA SANGAT MENCINTAI PERSEPAKBOLAAN INDONESIA” . saya merasa sangat setuju dengan pendapat Om Bepe yang bilang:

 "Sebagai Seseorang Yang Sedikit Banyak Pernah Memberikan Kebanggaan Dan Kebahagiaan Bagi Persepakbolaan Idonesia, Rasanya Alfred Riedl Layak Mendapatkan Perlakuan Lebih Baik Dari Apa Yang Terjadi Saat Ini"

Dia banyak berkontribusi untuk TIMNAS INDONESIA dan kita tau sama tau bahwa TIMNAS yang sekarang, memang berbeda dengan TIMNAS yang dulu, TIMNAS yang dulu, jika sudah menang akan lebih memilih bertahan. Namun, TIMNAS yang ini tetap menghantam dan menyerang lawan tanpa rasa lelah, penuh kerja keras dan selalu optimis.  Saya lihat disini Coach Alfred menanamkan keyakinan bahwa kita mampu bersaing dengan tim manapun.  

Saat  Piala AFF 2010  saya melihat sesuatu yang berbeda dari TIMNAS INDONESIA-TIMNAS INDONESIA sebelumnya (bukan bermaksud meremehkan yang terdahulu, namun lebih kepada kemajuan kearah positif)  para Pemain TIMNAS tampil begitu memukau dan  luar biasa, mampu mengendalikan tempo, ritme permainan merekapun sangat dijaga, bahkan beberapa diantara mereka sudah mulai konsisten pada perannya masing2, sang kapten benar2 luar biasa hidup tanpa gentar, lini belakang, sayap kanan, sayap kiri, tengah dan depanpun penuh semangat, tanpa gentar pula. Yeap, meskipun sempat beberapa kali terjadi mis comunikasi tapi tak mengurangi betapa hebat dan tangguhnya 11 Patriot Bangsa saat itu.

Coach Alfred, adalah seorang pelatih bertangan dingin gabungan dari ALBERT  EINSTEIN dan ADOLF HITLER  yang berhasil mereformasi TIMNAS INDONESIA. Dia pelatih yang sangat percaya bahwa INDONESIA memiliki potensi yang sangat besar untuk sukses di tingkat asia tenggara dan asia bahkan dunia. Yap, Coach Alfred mampu menumbuhkan kepercayaan yang membangkitkan semangat FIRMAN UTINA dkk untuk jadi yang terbaik.

Hmmm, bagi saya selain hebat, pelatih yang satu ini juga unik, ketika TIMNAS mampu membobol gawang lawan dia nyaris tanpa ekspesi senang, begitu pula jika TIMNAS INDONESIA kebobolan, dia tidak seperti pelatih pada umumnya, tidak ada ekspresi kecewa diwajahnyanya. Dia juga bukan tipikal pelatih yang suka sesumbar.  Jika ditanya kemungkinan TIMNAS menang pasti jawabannya akan tetap sama dari masa ke masa, “Peluangnya 50 : 50”.

Dia pelatih hebat dan cerdas, dia juga bukan pelatih yang arogan, dia pelatih yang tegas dan gak mau ambil kompromi soal disiplin, bahkan jika pemain terlambat ketika jam makan dan latihan, Coach Alfred akan mendenda mereka Rp. 100.000,- sampai Rp. 200.000,- / menit (bayar cash) dan uangnya dia sumbangkan ke panti asuhan, mesjid, gereja, dll. Dia juga tau bagaimana melindungi, member kehangatan dan menumbuhkan sikap pemenang dalam setiap tubuh para pemainnya.

Yang makin membuat saya terkesan, dia punya kebiasan memasuki lapangan lebih dulu sebelum para pemainnya, berputar mengelilingi lapangan hanya untuk memastikan keadaan lapangan dalam kondisi baik.

Hmm, sangat pantas jika INDONESIA berterima kasih padanya, karena dia telah berhasil memberi warna baru dalam PERSEPAKBOLAAN INDONESIA.

Terlepas dari kekurangannya sebagai manusia yang tak sempurna. Saya berharap semua orang mampu melihat beliau dari sisi positif, menghormati beliau dan berterimakasih pada beliau.

Bagi saya Coach Alfred luar biasa. Dan dengan penuh semangat sebagai seorang yang amat sangat mencintai TIMNAS INDONESIA saya ingin bilang “TERIMA KASIH COACH ALFRED, saya bangga bisa melihat anda bisa menjadi bagian dari TIMNAS INDONESIA meski hanya sebentar. Kehadiranmu, adalah sebuah cahaya bagi perjalanan TIMNAS INDONESIA yang masih sangat panjang”.

No comments:

Post a Comment