Pages

Thursday 8 November 2012

Déjàvu

Hmmm, udah lama nih gak ngepost, bukan karena gak ada waktu tapi entah kenapa benar-benar sedang dirundung penyakit malas akut.
Tapi tiba-tiba gua tersadar, gua gak boleh terus-terusan males. Dan akhirnya, gua berusaha melawan rasa malas itu dengan menulis tentang Déjàvu.  Kenapa Déjàvu? Entahlah, pengen aja. Ini tulisan yang sebenarnya pengen gua tulis berabad-abad yang lalu ( lebay deh!) and baru kerealisasi sekarang. Itupun harus bergulat dengan rasa malas lebih dulu.
To the point aja kali ya! J
Déjàvu. Hmmm, yang gua tau Déjàvu itu berasal dari bahasa Prancis yang artinya “Telah dilihat sebelumnya”. Yap, Déjàvu adalah situasi atau kondisi dimana seseorang merasa pernah mengalami suatu adegan atau kejadian, padahal sebenarnya belum pernah.

Sebagai contoh:
  1. Lu masuk ke sebuah bangunan yang sebelumnya gak pernah lu masukin, tapi pas lu masuk, lu ngerasa familiar and akrab banget banget sama situasi, isi dan kondisi yang ada di bangunan itu. Atau,
  2. Lu ngelintas di suatu tempat yang belum pernah lu kunjungi, tapi lu ngerasa akrab sama pemandangan yang ada disana, lu bahkan tau apa yang akan terjadi.
Intinya gini deh, aspek and situasi yang lu liat, lu ngerasainnya sebagai sebuah bentuk atau sewujud isyarat, yang baik secara sadar atopun gak sadar ngehasilin rasa akrab yang nancep kuat.
Bisa juga lu nganggep apa yang disebut Déjàvu itu adalah mimpi.kenapa gitu? Banyak loh orang yang mengalami Déjàvu, merasakan kejadian dan situasi yang sedang ia alami dimimpi sebelumnya.
Déjàvu juga bisa diartikan sebagai bentuk Reinkarnasi. Ya, Reinkarnasi yang menurut bahasa latin berarti “Lahir Kembali”. Yang merujuk pada kepercayaan bahwa seseorang yang sudah meninggal, dapat dilahirkan kembali di kehidupan lain, bukan berupa wujud fisik, melainkan dalam wujud jiwa.
Ada juga loh yang mengartikan Déjàvu itu adalah fenomena epilepsi yang kurang lebih berarti sebuah gejala, fakta, kejadian  atau keajaiban dalam fungsi otak yang dapat disaksikan dengan pancaindera , dapat diterangkan dan dapat dinilai secara ilmiah.
Meskipun secara psikologis atau fisiologis Déjàvu mempunyai kemungkinan untuk memberikan penjelasan-penjelasan yang lebih naturalistic (alamiah), bukan mistik belaka, tetapi gua rasa sampai detik ini, sebab dan hakikat Déjàvu sendiri masih tetap menjadi misteri dan teka-teki.
Dari kecil gua sering mengalami Déjàvu, gua pernah ngalamin satu titik ( kalo gak salah waktu gua kelas 3 SMP ) dimana gara-gara terlalu sering Déjàvu, gua ngerasa lelah ngejalanin hidup ini, gua ngerasa gak bisa ngebedain mana mimpi dan mana kehidupan nyata. Apalagi pernah gua ngalamin Déjàvu tentang seorang teman yang saat itu baru selesai latihan band yang beberapa hari kemudian bakal manggung dalam event yang cukup besar di kota gua. Dia bersama teman-temannya sedang istirahat, tapi tiba-tiba ada truk yang menabraknya dan dia terpental sejauh kurang lebih 5 meter, dan meninggal dengan kondisi mengenaskan karena kain kafannya pun dipenuhi darah.
Setelah kejadian itu gua marah pada diri gua sendiri, gua bener-bener ngerasa marah, andai gua bisa lebih yakin itu Déjàvu, kejadian itu pasti gak akan terjadi. Tapi waktu tak bisa kembali. Dan takdir telah menemui muaranya. Gua gakbisa berbuat apa-apa. Setiap gua ngalamin Déjàvu, gua selalu nangis dan marah sama diri gua sendiri dan gua selalu ngerasa jadi orang aneh.
Tapi beberapa tahun belakangan, gua udah lumayan bisa menerima kenyataan. Gua udah bisa ngendaliin pikiran dan perasaan gua sendiri. Gua gak lagi bisa ditipu perasaan dan diri gua sendiri. Dan gua udah bisa meningmati, seninya Déjàvu. 

No comments:

Post a Comment