Pages

Friday 6 June 2014

SOAL MEMBERDAYAKAN, JKW-JK PEMIMPINKU!



photo by google

PEMIMPIN!
Menurutku, seseorang bisa dikatakan seorang pemimpin adalah ketika ia punya jiwa kepemimpinan (  paling tidak, ia mampu memimpin dirinya sendiri ), harus punya kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui dirinya sendiri agar orang itu lebih peka, peduli dan berbuat sesuatu yang bermanfaat tidak hanya bagi dirinya tapi juga bagi orang lain, lebih singkatnya ia mampu memberdayakan orang lain.
Ngomong – ngomong soal memberdayakan, karena aku lebih suka melihat fakta daripada visi – misi luar biasa yang baru wacana dan belum menjelma nyata, aku mempercayakan tahta Presiden dan wakilnya pada  JOKOWI-JK. Tanya kenapa? Kata teman facebook saya Anindya Pratama Putri di salah satu fotonya berucap: “Dia ( Jokowi ) sudah berbuat kecil ketika orang masih bermimpi besar!”. Diliat darimana? Ambil contoh kecil, dana kampanye JKW-JK adalah sumbangan sukarela dari rakyat, dan sekarang jumlah dana yang terkumpul puluhan miliyar rupiah ( yang aku tau, penyumbang terbesar adalah dua ratus ribu rupiah ). Kita ambil positif, sadar atau tidak, lewat sumbangan sukarela itu JKW-JK telah sukses membuat rakyat untuk terlibat langsung bukan hanya jadi penonton dan pemilih semata. Masyarakat diajak untuk turut menjadi pelaku dibalik kemenangan / kekalahan pemimpin pilihannya kelak.
Dana kampanye sumbangan masyarakat lebih berat loh bebannya daripada dana kampanye biasa, karena ini benar – benar amanah, amanah berat dari berbagai lapisan masyarakat yang percaya pada sosok JKW-JK ( bahkan beberapa diantaranya keringat dan jerih payah dari masyarakat yang secara real berekonomi lemah yang membuka mata, hati, jiwa dan pikiran bahwa masih banyak orang di negara yang hukumnya kadang masih bisa diperjual belikan ini masih sangat banyak orang yang baik hati, memberi dengan ikhlas, mencintai dengan tulus, mendukung dengan kreatif ).
Ketika kita sendiri, kita tak berarti, ketika kita bersama kita terasa luar biasa, seperti jumlah dana yang terkumpul untuk JKW-JK.
Bukhari & Muslim pernah berkata dlam hadistnya bahwa : “Amalan itu tergantung dari niatnya!”. Hmm, jika niatnya baik pasti akan mendatangkan kebaikan. Dan saya yakin, orang yang menyumbang ke JKW-JK niatnya baik, whohoho coba bayangkan berapa banyak kebaikan yang akan didapatkan dari banyak kebaikan yang ada? Luar biasa!
Oh iya, lewat sumbangan ini, kita disadarkan bahwa uang seribu yang dewasa ini kurang ada nilainya jadi sangat berharga ketika disatukan lewat kebersamaan.



No comments:

Post a Comment