Pages

Thursday 6 December 2012

Lebih Dari Yang Orang Tahu dan Pahami

Kadang gua heran kenapa nyokap selalu nuntut gua jadi anak yang baik, hormat sama dia atas nama sopan santun, sedang sopan santun sendiri gua rasa biangnya kemunafikan, melahirkan mbahnya kepura-puraan. Kenapa coba harus ada sopan santun? Kenapa juga harus nyembunyiin perasaan demi sopan santun? Hmm, gua emang kadang gak bisa ngendaliin pikiran-pikiran gua yang sering ngawur dan meloncat-loncat. Kadang membuat orang terkagum-kagum tapi gak jarang juga bikin orang sakit hati. Hmm, kembali kesopan santun. Gua benci sopan santun, gua benci nyokap yang selalu bilang gua gak punya sopan santun. Dia nuntut gua ngehormatin dia? Tapi dia sendiri, dia gak sadar dia gak pernah jadi nyokap yang sebenernya bagi gua. Saat gua kecil, dia gak pernah nanya ada pr apa? Bisa nggak ngerjain prnya? Padahal sumpah dulu gua pengen banget ditanya kayak gitu. Gua juga kagak pernah liat nyokap bangga sama prestasi gua, dia gak pernah tau apa yang gua dapet disekolah, jabatan apa yang gua dapet, dia gak pernah tahu bahwa beberapa kali gua nyoba bunuh diri karena bosan sama dunia yang ngehe ini, untung ada Loz yang bantu gua bebas dari rasa ingin mati. Saat gua beranjak remaja, saat dimana gua butuh banget sosok dia, diapun gak pernah ada buat gua bahkan untuk sekedar mengucapkan selamat ulang tahun dan ngecup kening gua. Dan saat gua nentuin pilihan hidup, dia, orang yang harusnya dukung gua malah jadi orang yang nertawain gua, yang nganggep gua pemimpi, yang gak percaya sama kemampuan gua. Ok fine, gua masih bisa terima. Tapi saat dia ngebanding-bandingin gua sama orang lain. Sumpah banget gua bener-bener gak terima. Harusnya dia bisa memahami gua dan ngedukung gua, bukan malah bikin gua down dan merasa terasing. Semua manusia lahir dan hidup dengan takdirnya masing-masing, gua gak bisa jadi mereka, mereka juga gak bisa jadi gua. Kita lahir dengan jalan hidup beda dan matipun dengan cara dan waktu berbeda.
Hanya satu yang ada di otak gua, suatu hari, saat gua jadi seorang nyokap, gua mungkin gak bakalan bisa Menuhin semua yang anak gua pengen, tapi gua akan berusaha sekuat tenanga jadi nyokap yang baik buat anak-anak gua dan berusaha untuk ada dan mengerti mereka kapan dan dimanapun. Kalaupun mereka salah, gua gak akan menyalahkan mereka tapi gua akan nyoba mandang kesalahan mereka dari sisi mereka dan cari jalan keluar sama-sama supaya ada jalan keluar dan pencerahan agar anak gua belajar dari kesalahannya. Pokoknya gua akan selalu ada saat dia butuhin.
Tapi, sejujurnya mau segimana jeleknya hubungan gua sama nyokap, gua tau kok cinta kasih nyokap gak perlu diragukan ketulusannya, dia nyayangin gua dengancaranya, dia tulus dan sayang sama gua, dia hanya kurang paham gimana hidup gua. So, dia jadi kayak gitu. Ato mungkin dia begitu karena terlalu banyak beban. Ah entahlah, yang jelas gua sayang dia lebih dari yang orang tahu dan orang pahami.

No comments:

Post a Comment